Peluang usaha air minum dalam kemasan- Bisnis usaha air minum kemasan melibatkan pembotolan dan distribusi
air minum kepada konsumen.
Jika Sedang mencari jasa pembuatan usaha air minum kemasan, maka kami solusinya.
Air minum dapat dimurnikan, suling atau mata air alami dan bisnis ini melayani pelanggan yang lebih menyukai gaya hidup sehat.
Ada potensi yang berkembang untuk bisnis ini bagi orang yang sadar kesehatan karena membantu menghindari penyakit seperti tipus, kanker, obesitas, dehidrasi, dan juga membantu hidup lebih lama. Juga, air kemasan dikonsumsi di semua bagian dunia sehingga membantu pemilik bisnis dalam bisnis ini menghasilkan penjualan dari tahun ke tahun.
Langkah-langkah yang
terlibat dalam produksi
usaha air minum kemasan, jasa pembuatan usaha air minum kemasan
Jika Sedang mencari jasa pembuatan usaha air minum kemasan, maka kami solusinya.
Air minum dapat dimurnikan, suling atau mata air alami dan bisnis ini melayani pelanggan yang lebih menyukai gaya hidup sehat.
Ada potensi yang berkembang untuk bisnis ini bagi orang yang sadar kesehatan karena membantu menghindari penyakit seperti tipus, kanker, obesitas, dehidrasi, dan juga membantu hidup lebih lama. Juga, air kemasan dikonsumsi di semua bagian dunia sehingga membantu pemilik bisnis dalam bisnis ini menghasilkan penjualan dari tahun ke tahun.
Apakah Anda ingin memulai bisnis pabrik air mineral Anda
sendiri ? Jika ya, maka Anda telah datang ke tempat yang tepat ..!
Dalam artikel ini, saya berbagi proses langkah demi langkah untuk memulai
pabrik air mineral atau instalasi.
Permintaan air minum dalam kemasan tumbuh secara eksponensial di kota-kota kecil di Indonesia. Ini adalah bisnis yang selalu hijau dan ada tempat untuk semua orang yang ingin memasuki peluang ini. Investasi yang diperlukan dalam bisnis ini tergantung pada banyak faktor, beberapa di antaranya diberikan di bawah ini:
Permintaan air minum dalam kemasan tumbuh secara eksponensial di kota-kota kecil di Indonesia. Ini adalah bisnis yang selalu hijau dan ada tempat untuk semua orang yang ingin memasuki peluang ini. Investasi yang diperlukan dalam bisnis ini tergantung pada banyak faktor, beberapa di antaranya diberikan di bawah ini:
usaha air minum kemasan
Kapasitas produksi pabrik
Tempat di mana instalasi sedang disiapkan
Biaya transportasi
Jenis air yang digunakan sebagai sumber atau air umpan dan
sifat kimianya
Jenis pabrik dan kapasitas produksi per jam - seperti botol,
kantong, toples, dll.
Ada ruang untuk semua orang dalam bisnis ini. Anda dapat
menyiapkan pabrik kecil dengan investasi Rs 15 lakh atau Anda dapat menggunakan
pabrik besar dengan kapasitas produksi tinggi dalam 75 lakh.
Di bawah ini adalah daftar poin penting yang akan saya bahas
dalam artikel ini: -
Perbedaan antara pabrik air mineral dan pabrik air minum
dalam kemasan
Apa dokumen dan lisensi yang diperlukan untuk menjalankan
bisnis ini di India
Mesin yang dibutuhkan untuk pabrik air mineral dan biaya
mesin
Cara mengatur perkiraan biaya dan pabrik Anda
Proses pengolahan air
Pengemasan dan penawaran
Margin keuntungan dalam bisnis ini
Cara menumbuhkan bisnis Anda - Peluang lebih lanjut
Mari kita mulai -
Apa perbedaan air kemasan dan air mineral?
Sebelum masuk ke dalam rencana bisnis terperinci, Anda perlu
memahami perbedaan antara pabrik air minum dalam kemasan dan pabrik air
mineral. Banyak orang tidak mengetahui perbedaannya dan menjadi bingung pada
awal usaha mereka.
Air Minum dalam Kemasan atau Pabrik air botolan - Di pabrik
ini, kami memproses air borewell dan kami mengurangi TDS (Total Dissolved
Solid) dalam air borewell dengan bantuan proses RO yaitu Proses Reverse
Osmosis. Air minum dalam kemasan tidak mengandung mineral apa pun.
Mineral Water Plant - Di pabrik ini, kami menggunakan air
dari sumber alami seperti mata air dan air pegunungan. Perairan ini mengandung
mineral yang bermanfaat untuk konsumsi manusia. Di pabrik air mineral kami
memproses dan menambahkan mineral ke air jika diperlukan. Mineral yang
ditemukan dalam air mineral adalah natrium, kalsium, magnesium, kalium, dll.
Dalam artikel ini saya akan berbagi informasi untuk
mendirikan pabrik air minum dalam kemasan yang juga dikenal sebagai pabrik air
minum dalam kemasan.
Jenis lisensi apa yang dibutuhkan?
Lisensi dan dokumen berikut diperlukan untuk mendirikan
pabrik air minum kemasan di India:
Sertifikat pendaftaran industri skala kecil
AOA dan MOA bisnis
Sertifikasi ISI dari Bureau of Indian Standards (BIS)
Sertifikat pengendalian polusi dari kantor dewan polusi
setempat
Laporan uji air umpan dari laboratorium
Sertifikat pengendalian hama
Langkah-langkah yang
terlibat dalam produksi usaha air minum kemasan
Identifikasi sumber air baku - Ini adalah langkah pertama di
mana Anda akan memutuskan tentang sumber air yang akan Anda gunakan dalam
produksi air minum dalam kemasan. Sumber air dapat berasal dari air sumur,
pasokan muncipal atau sumber lain di mana pengolahan dimungkinkan.
Menyimpan air mentah - Proses selanjutnya adalah menyimpan
air mentah dalam tangki penyimpanan air mentah dengan bantuan sistem pemompaan.
Pompa submersible dapat digunakan untuk air sumur bor.
Sistem pengolahan air - Dalam proses pengolahan air, kami
menggunakan sistem dosis clorine, proses pelunakan air, reverse osmosis (RO),
sterilisasi UV dan desinfeksi Ozon.
Pengujian air - Dalam proses ini kami menguji air murni di
laboratorium pengujian air in-house. Di laboratorium, air diuji untuk parameter
mikrobiologis dan kimia. Kami akan membahas tentang jenis requiment
laboratorium nanti dalam artikel ini.
Penyimpanan air murni (Botol / Stoples / Kantung) - Mesin
produksi diperlukan untuk meniupkan noda dan menyimpan air murni di dalamnya.
Demikian pula, mesin tersedia untuk penyimpanan dalam stoples dan kantong.
Proses Terlibat dalam pemurnian air baku (Aspek Teknis)
Proses koagulasi - Ini adalah langkah pertama kami
menambahkan kimia Alum dalam air mentah untuk menghilangkan kotoran. Bahan
kimia Alum menghasilkan muatan positif yang melekat bersama dengan muatan
negatif partikel dan membentuk partikel besar yang dapat dihilangkan dengan
mudah. Setelah proses koagulasi, air dibiarkan mengendap selama 1 jam.
Reverse Osmosis - Dengan bantuan proses RO kami
menghilangkan kotoran terlarut seperti garam dari air.
Klorinasi air - Proses ini digunakan untuk membunuh bakteri
dan organisme mikro lainnya dengan bantuan menggelembungkan gas klor dalam
tangki klorinasi.
Saringan pasir - Air kemudian melewati saringan pasir untuk
menghilangkan kotoran yang tidak larut.
De-klorinasi penyaringan karbon - Setelah proses penyaringan
pasir, kami kemudian mengalirkan air melalui filter karbon yang menghilangkan
bau dan warna. Deklorifikasi juga terjadi menggunakan filter karbon.
Pengepakan dan pembotolan - Pengepakan dan pembotolan
dilakukan dengan bantuan mesin.
Estimasi Biaya Pabrik
Air Minum Dalam Kemasan
Tangki Perawatan Alum
2 0,70
Tank Klorinasi
(STEEL) 1 0,50
Filter Pasir &
Filter Karbon 1 - 1 0,90
Sistem Disinfektan UV
1 0,25
Tangki air mentah 1
0,30
Tangki air murni 1
0,30
Motor pemompa 2 0,40
Mesin Pembotolan
Otomatis 1 6
Peralatan
Laboratorium 1 1
Alat Macam-Macam
RO Plant – 2000 ltr
Alum Treatment Tanks 2
Chlorination Tank
(STEEL)
Sand Filter &
Carbon Filter
UV Disinfectant
System
Raw water tank
Purified water tank
Pumping motors
Bottling Machine
Automatic
Lab Equipments
Miscellaneous Tools
Dari tabel di atas, kita mengetahui bahwa biaya mesin untuk
memulai pabrik air mineral adalah sekitar 15 lakh rupee. Selain mesin, Anda
akan memerlukan lokasi yang tepat untuk instalasi pabrik dan beberapa furnitur
dasar.
Setelah instalasi pabrik, Anda telah membuat rencana bisnis
yang tepat untuk produksi air minum dalam kemasan. Rencana bisnis itu akan
mencakup perincian berikut -
Gaji dan upah untuk staf
Modal kerja per bulan
Target produksi
Pengeluaran lain dalam bahan baku jika ada
Kapasitas Produksi & Perhitungan Margin Keuntungan
Total Produksi pabrik Anda akan tergantung pada berapa jam
Anda akan bekerja yaitu jumlah shift dengan asumsi bahwa 1 shift adalah 8 jam.
Misalkan Anda akan 2 shift yaitu 16 jam. Karena itu, Anda dapat menghasilkan
8000 botol dalam 8 jam.
Branding dan Pemasaran
Karena permintaan air minum dalam kemasan meningkat dengan
cepat, Anda harus menguasai pasar dan mulai mempromosikan merek Anda segera
setelah Anda mulai berproduksi. Sertakan biaya pemasaran dalam rencana bisnis
Anda dan gunakan sesuai dengannya.
mari kita lihat langkah-langkah yang diperlukan untuk memulai bisnis usaha air minum kemasan ini:
1. Ceruk dan Demografi
Air botol terutama termasuk air minum baik yang dikemas
dalam gelas atau dalam botol plastik. Air botolan dapat dalam salah satu dari 2
bentuk: Air berkarbonasi dan non-karbonasi. Cara lain untuk mengelompokkan
ceruk adalah dengan memilih ukuran dan bentuk air kemasan. Selain itu, air ini
dapat dari salah satu dari jenis berikut:
Air sulingan
Mata air
Air mineral
Air soda
Air beraroma
Air dengan nilai pH rendah
Komposisi demografis dan psikografis untuk konsumsi air
kemasan mencakup semua aspek karena setiap manusia dan makhluk hidup di bumi
meminum air bersih dan air jinjing. Dan untuk alasan ini, target pasar untuk
perusahaan produksi air minum dalam kemasan harus melampaui orang-orang yang
memiliki latar belakang keuangan, budaya, ras, etnis, usia yang berbeda. Harga
air botolan harus ditetapkan sedemikian rupa sehingga mudah terjangkau dan
dikemas dalam berbagai ukuran dan titik harga berbeda.
2. Rencana bisnis usaha air minum kemasan
Setelah penemuan yang relevan dilakukan dari riset pasar,
seseorang harus menulis rencana bisnis yang solid untuk memasukkan perincian
tentang bagaimana Anda berniat menjalankan bisnis air minum dalam botol.
Beberapa aspek utama yang harus dimasukkan dalam rencana bisnis Anda adalah
ringkasan eksekutif, proyeksi keuangan, strategi pemasaran, strategi operasional,
tim manajemen, perincian hukum, dan analisis lokasi. Proses yang terlibat dalam
perusahaan produksi dalam industri air minum dalam kemasan terdiri dari
pemurnian air dan kemudian mengisinya ke dalam botol plastik dan gelas untuk
konsumsi. Botol-botol ini kemudian ditutup dengan benar dan diberi label yang
sesuai sebelum dijual kepada pelanggan.
Terkait- Cara Memulai Bisnis usaha air minum kemasan
Rencana bisnis harus dengan tepat menentukan misi bisnis
botol air kecil Anda, deskripsi singkat tentang target pelanggan Anda, keadaan
pasar, cara Anda berencana untuk menembus pasar, anggaran yang diproyeksikan
untuk bisnis Anda dan tujuan bisnis Anda untuk 2 hingga 3 tahun ke depan. Satu
harus mempertimbangkan perusahaan botol air lain di daerah Anda serta secara
nasional. Identifikasi kebutuhan umum konsumen di lingkungan tersebut.
Misalnya, melihat peluang pasar, Anda dapat mempertimbangkan untuk membuat
botol dari jagung yang sepenuhnya dapat terurai secara hayati.
3. Anggaran usaha air minum kemasan
Sangat penting untuk mendapatkan perkiraan anggaran sebelum
memulai bisnis botol air Anda, jika Anda tidak melakukannya maka ada
kemungkinan besar bahwa Anda akan kekurangan uang sebelum Anda menyelesaikan
siklus pendapatan bisnis Anda.
4. Lisensi dan Izin
Setiap negara bagian dan setiap negara dilengkapi dengan
satu set lisensi air minum kemasan sehingga seseorang harus memeriksa ulang
persyaratan di lokasi Anda masing-masing.dan karenanya, ajukan lisensi vendor dari
otoritas setempat Anda. Izin tambahan akan diperlukan dari departemen kesehatan
negara Anda.
Selain itu, Anda juga mungkin memerlukan Nomor Identifikasi
Pemberi Kerja dari IRS untuk membayar kepada karyawan Anda dan juga untuk
mengajukan pajak. Biaya lisensi bervariasi dari satu negara ke negara, dan
begitu juga waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan lisensi, yang dapat berkisar
dari beberapa minggu hingga 6 bulan.
5. Lokasi usaha air minum kemasan
Menemukan dan mengamankan lokasi strategis higienis untuk
bisnis pembotolan air Anda berikutnya dan harus mencakup area terpisah untuk
kantor dan area produksi. Faktor-faktor seperti kedekatan dengan sumber air,
aksesibilitas jalan, pasokan daya yang konstan, dll. Harus dipertimbangkan saat
memilih lokasi yang nyaman. Lokasi juga harus mematuhi standar kualitas yang
berkaitan dengan negara Anda dan harus berlokasi di area yang jaraknya sesuai
dengan pemasok dan distributor Anda.
Beberapa peraturan melarang setiap segmen pabrik dihubungkan
dengan area yang digunakan untuk keperluan rumah tangga dan harus mencakup
ruang pembotolan terpisah dengan pintu tutup sendiri dan konstruksi yang ketat.
Juga, ruang tertutup untuk mencuci dan membersihkan botol sebelum diisi adalah
prasyarat. Seharusnya juga tidak ada atau batasan pemerintah terbatas di lokasi
yang Anda pilih. Keterjangkauan, ketersediaan tenaga kerja dan keselamatan juga
merupakan beberapa faktor yang harus Anda pertimbangkan. Lingkungan harus
bersih dan bebas dari segala kontaminasi sehingga tidak mencemari sumber air
Anda. Sebuah pabrik air standar perlu direncanakan yang akan mencakup lubang
bor air, pengolahan air yang efektif dan mesin pemurni air, mesin pembotolan
air, laboratorium mini dan sistem drainase yang baik.
6. Peralatan dan Persediaan usaha air minum kemasan
Sejauh menyangkut peralatan pembotolan air, seseorang dapat
memperolehnya saat menyewa pembelian atau sewa jangka panjang. Beberapa
peralatan yang diperlukan dalam bisnis botol air adalah:
Catu daya alternatif (Genset)
Tangki penyimpanan
Mengisi mesin
Mesin dan filter pengolahan air
Konveyor
Sealer
Pemuat botol
Sterilisasi air
Dispenser air
Pendingin
Truk pengiriman untuk distribusi
Peralatan Kantor dan Komputer
Sistem Telepon
Pilih sumber air pilihan Anda, baik air tanah atau pasokan
air publik. Sumber air tanah perlu diperiksa dan disertifikasi sebagai sanitasi
untuk memenuhi standar FDA. Setelah lubang bor dibor dan dipasang, persediaan
air yang stabil diperlukan. Setelah sumber air yang konsisten dan andal
tersedia, Anda perlu membeli botol, peralatan sanitasi, peralatan pembotolan,
serta bahan pengemasan dan pelabelan. Diperlukan sistem yang canggih untuk
memuat botol kosong ke conveyor, bilas, sanitasi, isi, tutup dan beri label
pada botol.
7. Karyawan
Menjadi bisnis yang rumit, mempekerjakan dan melatih
karyawan yang tepat adalah prasyarat untuk memastikan hasil yang efektif dan
kesuksesan bisnis Anda. Berikut adalah daftar beberapa orang penting yang akan
diperlukan untuk beroperasi di fasilitas produksi Anda atau di perusahaan yang
didirikan:
Chief Executive Officer (Pemilik)
Pengawas Produksi
Manajer produksi
Personil Pemeliharaan Fasilitas
Operator Mesin
Sumber Daya Manusia dan Manajer Admin
Manajer Merchandize
Manajer Penjualan dan Pemasaran
Akuntan dan Kasir
Pekerja produksi
Pengemudi truk distribusi
Pembersih
15-20 anggota staf
8. Pemasaran usaha air minum kemasan
Karena adanya beberapa pemain industri kecil, menengah dan
besar dalam bisnis ini, penting untuk menggunakan taktik pemasaran yang tepat.
Seseorang perlu menciptakan kreativitas dan inovasi jika Anda harus mengukir
pasar untuk diri Anda sendiri dalam pasar yang tersedia di komunitas, kota,
negara bagian atau negara Anda. Gagasan dan strategi pemasaran harus sedemikian
rupa sehingga Anda dapat mengakali apa yang ditawarkan pesaing Anda. Juga,
rencana pemasaran Anda akan berbeda tergantung pada ukuran botol yang akan Anda
jual. Untuk area umum yang ramai khusus seperti halte bus dan stasiun kereta
api, nama merek tidak terlalu penting sehingga orang dapat menahan diri untuk
tidak menghabiskan terlalu banyak untuk pemasaran di area tersebut. Namun,
untuk botol berukuran besar, berikut adalah beberapa cara Anda dapat melakukan
pemasaran untuk bisnis air kemasan Anda:
Fokus pada koneksi perusahaan. Bangun jaringan distribusi
yang kuat dari pengecer, restoran, klub olahraga, hotel dan sebagainya yang
dapat Anda pikirkan untuk bermitra dengan melakukannya dengan baik di lini
bisnis ini.
Tempatkan iklan di koran lokal, TV lokal, stasiun radio dan
platform media elektronik lainnya.
Terlibat dalam iklan billboard dan outdoor dan
menempatkannya di lokasi strategis seperti jalan raya, area komersial dan
sebagainya.
Daftarkan bisnis dan produk Anda di iklan halaman kuning dan
direktori lokal lainnya.
Gunakan pemasaran dari mulut ke mulut.
Leverage di internet dan platform media sosial seperti;
Instagram, Facebook, twitter, dkk untuk mempromosikan merek air minum dalam
kemasan Anda
Bagikan selebaran dan selebaran Anda di area target
Bicaralah dengan pengecer dan dorong mereka untuk membawa
produk Anda.
Terhubung dengan pelanggan potensial Anda di media sosial
seperti Facebook, Instagram, Twitter dan umumkan peluncuran produk Anda dan
kegiatan penting lainnya.
Komentar
Posting Komentar